Sabtu, 16 Mei 2009

Tips Merawat Jaket Kulit

share


Jaket kulit merupakan salah satu jenis pakaian luar yang kini populer. Sejarah jaket kulit pertama kali digunakan pada seorang penerbang sekitar tahun 1900-an untuk menahan angin. Kini seiring perkembangan jaman, jaket kulit mulai banyak digunakan oleh pria maupun wanita modern untuk penampilannya sehari-hari.
Jaket kulit memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin atau terpaan angin, sehingga sangat cocok bagi mereka yang suka berkendara sepeda motor.
Bahan pembuatan jaket kulit asli biasanya dibuat dari kulit binatang seperti buaya, sapi, doma, kerbau, unta dan lain-lain. Warna pada jaket kulit-pun tidak banyak, biasanya identik dengan warna hitam dan coklat sehingga mengesankan karakter maco bagi penggunanya. Dari bahan-bahan yang digunakan tersebut tentunya anda juga harus lebih teliti untuk merawatnya, sebab jaket berbahan kulit sangat mudah rusak ketika terkena sinar matahari atau hujan. Kerusakan jaket kulit biasanya terjadi pada corak warna yang mudah pudar serta mudah pecah-pecah.
Berikut ini adalah panduan untuk merawat jaket kulit agar tetap awet:
1. Dilarang Mencuci Menggunakan Detergen
Jaket kulit memiliki karakter yang sangat sensitif, sehingga untuk mencucinya jangan menggunakan detergen. Sebab dalam detergen terkandung bahan-bahan kimia yang dapat merusak struktur jaket sehingga jaket mudah lembab dan bau. Bau pada jaket biasanya muncul karena tumbuhnya jamur yang ditandai dengan bercak-bercak warna putih.
2. Hindarkan Dari Air Hujan
Jaket kulit memang cocok untuk digunakan untuk pengendara sepeda motor, namun tentunya ada pantangan bagi mereka yang suka berkendara dengan sepeda motor. Jangan pernah menggunakan jaket kulit pada saat cuaca hujan. Sebab jika anda gunakan pada saat hujan jaket akan mudah terkena jamur.
3. Lindungi Jaket dengan Lotion
Untuk melindungi jaket kulit anda dapat mengoleskan dengan menggunakan lotion. Sebab lotion dapat melindungi struktur bahan kulit dari terpaan sinar matahari secara langsung. Selain itu lotion juga dapat menjaga kelembaban jaket kulit, sehingga jaket tidak tampak kusut dan kering. Teknik pengolesan lotion yang benar adalah dengan menggunakan tisu secara merata dan diamkan sejenak minimal satu jam agar lotion dapat terserap oleh jaket kulit.
4. Jangan Semprotkan Parfum Secara Langsung
Untuk menggunakan pewangi, sebaiknya jangan menyemprotkan secara langsung pada jaket kulit. Sebab bahan-bahan kimia yang terkandung pada parfum dapat merusak struktur jakek kulit. Gunakan parfum pada baju dalam atau tubuh anda sehingga jaket kulit anda tetap aman dari bahan kimia dari parfum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar